Lhokseumawe — Tim Penilai Mandiri Pembangunan Zona Integritas dari Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI, dipimpin oleh Bapak Superman, selaku Pengendali teknis, dan Bapak Ade Kurniawan selaku Ketua Tim, beserta Ibu Rica Widia Pardosi, dan Muhammad Suhandwifa sebagai anggota tim, melakukan desk evaluasi dan verifikasi lapangan pada Kantor Imigrasi Lhokseumawe, Selasa (14/5/2024).
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Lhokseumawe, Bapak Usman, didampingi oleh Ketua Pembangunan ZI beserta ketua pokja dan tim Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani, menyambut kehadiran tim dengan yel–yel yang kompak dan bersemangat.
Kepala Kantor Imigrasi, menyampaikan terkait dengan Capaian Kinerja, Prestasi dan Penghargaan, serta Proses Pembangunan Zona Integritas pada Imigrasi Lhokseumawe.
“Imigrasi Lhokseumawe berkomitmen untuk melakukan perubahan pola pikir dan budaya kerja, sebagai salah satu upaya yang dilakukan agar dapat memperoleh predikat wilayah bebas dari korupsi serta wilayah birokrasi bersih dan melayani.” Pungkas Usman.
Perubahan menuju ke arah yang baik selalu diusahakan oleh seluruh tim, dengan bekerja sama dan sama–sama bekerja. Dengan demikian, pelaksanaan tugas dan fungsi dapat terlaksana dengan baik dengan saling bahu membahu antara seluruh tim.” Lanjutnya.
“Inovasi yang diciptakan oleh Imigrasi Lhokseumawe juga diharapkan dapat menjawab harapan masyarakat, salah satunya adalah ES MiLho, Emergency Service Imigrasi Lhokseumawe, yaitu permohonan paspor bagi orang sakit yang petugas langsung datang ke lokasi pemohon, juga dengan inovasi lainnya.” Tutup Usman
Tim Desk Evaluasi memberikan saran dan masukan terkait poin–poin yang dapat ditingkatkan dari Imigrasi Lhokseumawe, salah satunya adalah kembali menambah inovasi yang ada dan diharapkan dapat langsung juga menyentuh masyarakat.
“Usaha yang diberikan oleh Imigrasi Lhokseumawe sudah sangat optimal dan baik, dapat kami rasakan dari pemaparan yang disampaikan, singkat namun sangat padat dan seluruh poinnya tersampaikan kepada kami.” Ungkap Superman.
“Hal ini juga diharapkan dapat ditingkatkan dan dipertahankan semangatnya. Seluruh poin–poin, saran, masukan, yang disampaikan oleh tim agar dapat ditindaklanjuti dan dievaluasi kembali.” Tutup Superman.
Selanjutnya, Tim evaluasi melakukan verifikasi lapangan dan pengecekan atas sarana dan prasarana yang dimiliki, serta menanyakan terkait proses layanan yang dilaksanakan pada Kantor Imigrasi Lhokseumawe.
Tim verifikasi menyampaikan bahwa dengan ruang yang terbatas, Imigrasi Lhokseumawe mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti adanya Pos Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas), Papan Informasi dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat dan tersebar di lingkungan kantor, dan hal – hal lainnya.
Imigrasi Lhokseumawe berkomitmen untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan, serta sarana prasarana yang dibutuhkan oleh masyarakat. Demi terciptanya suasana dan proses layanan yang diharapkan oleh seluruh pihak.
#KemenkumhamAceh
#MeurahBudiman
#DivimAceh
#UjoSujoto